Rabu, 13 Mei 2015

Mengenang Tahun 90-an

Akhirnya.. setelah setahun lamanya ga nulis sesuatu di blog karena kesibukan gw yang lain, kali ini gw sempet2in deh nulis cerita yg cuma alakadarnya. maklum, gw masih amatir dalam dunia tulis menulis.. hahaha
Tapi lewat tulisan-tulisan gw ini, gw mencoba untuk tetap belajar dan mengembangkan kemampuan gw dalam dunia tulis menulis. Kali aja suatu hari nanti gw bisa nulis novel dan gw bisa terkenal kaya pengarang-pengarang buku yg gw idolakan. aamiin.
*lah malah curhat. huakakak

oke cussss...


*uhuk uhuk... tes suara...
Holaaaa... yg lahir di jaman tahun 90an mana suaranyaaaaaa?????? (whusss.. whusss.... krik krik krik)


hmmm... Buat kalian yg lahir ditahun 90-an  pasti pernah merasakan apa yg gw sempat gw rasakan.. hahaha
Sempat terlintas di pikiran gw tentanng beberapa cemilan enak di era 90-an  yg sempet mampir di lidah gw. gw berpikir, berpikir, dan berpikir... kenapa para produsen ga memproduksi makanan seenak itu lagi yaa?? Kalo di jaman sekarang masih ada jajanan begituan, percayalah... gw bakal borong semuanya. wkwkwk :D

Okeh.. untuk mengobati rasa kangen kita sama cemilan2 itu, mari kita intip gambar2 dibawah ini. CEKIDOT!!!

1.
Chiki Chuba

gw inget banget, jaman gw esde dulu chiki ini dibandrol dgn harga 300 perak. Jaman 90an, dan masih esde pulak, harga segitu menurut gw lumayan jg buat anak esde. Dulu pas esde mah gw dikasih jajan cuma gope, ga kaya anak2 esde sekarang.. minimal jajannya goceng -__-
Sepanjang sejarah, chiki chuba cuma ada 2 rasa,  balado dan keju. Gw paling suka yg rasa keju. hehehe
Walaupun jaman gini masih ada ciki chuba, tapi percayalah.. rasanya ga semantap dulu. Jaman sekarang chiki ini dibandrol gope. Isinya makin dikit pula -__-



2.
Chiki Tic Tic

Ada yg inget sama rasa makanan ini??? yup.. Tic Tic adalah chiki kentang yg rasanya gurih banget (mungkin karena ada serbuk bumbunya). Gw suka banget sama chiki ini.. dulu sebungkus kecil chiki ini dibandrol harga 100 perak kalo ga salah, gw jg lupa :D


3.
(a)

(b)
Permen Karet Yosan

Inget? disetiap bungkus belakang yosan selalu ada tulisan kaya gini kira2 " Rangkailah huruf-huruf Y+O+S+A+N , hadiahnya sesuai yg tercantum pada huruf N". Lo tau?? dari jaman embah buyut gw sampe sekarang ga bakalan ada tuh huruf N seperti yg mereka janjikan. Selain permen karet yg kecil2 kaya gambar (a), ada juga yg model gambar (b)


4.
Mie Goreng Koki

Mie2an keluaran siantar top ini kayanya udah ga pernah kita jumpai lagi yahh di jaman sekarang? kemana mereka pergi??


5.

Coklat Choyo-choyo

Yang gw inget, ini coklat rasanya cuma manis + ada minyak2 nya doank.. yahh maklum lahhh.. namanya juga coklat 100an. bhahahaha


6.

Coklat Jago

Setelah flashback dengan kata2 "tenang... nanti gw beliin coklat ayam" mungkin yg dimaksud coklat ayam adalah ini... liat aja tuh logo disebelah kiri, gambarnya ayam jago :D
Dulu coklat ginian harganya 200 perak


7.
Permen Susu Rabbit

Nyokap gw sering banget beliin gw 1 pack permen ginian waktu gw masih TK. Permen susu yg dibalut lapisan tipis kertas, tapi kertas itu bisa dimakan (mungkin itu lapisan jelly, entalahhh gw jg ga tau :D) Permennya lembut, sepertinya nyokap gw juga doyan sama permen ginian.


8.
Manisan Cina

Jaman dulu sih gw inget ini manisan terbuat dari apa.. sekarang gw lupa. Kalo ga salah sih ini manisan mangga deh yang dicetak bulet2 gini, trus tipis banget. Gw kurang suka sama rasa manisan ginian, tapi entah kenapa nyokap gw suka banget. Kadang kalo beli bisa sampe 1 pack. Sekulkas jadi bau ginian semua -__-
Pernah sih waktu itu gw ke tempat tongkrongan di daerah Tambun, ternyata disana ada beberapa jenis permen2 jadul. Contohnya kaya permen ini, disana dijual Rp 2.500/ pcs nya. hihihihi salut deh yg masih jual jajanan beginian :D


9.
Anak Mamee

Wohoooo.... ini dia makanan yg gw suka, Anak Mamee. Dibanding Mie Goreng Koki tadi, sebenernya gw lebih suka sama mie yg satu ini. muehehehehe



10.
Anak Mas

Makanan ini pernah jadi Primadona di masanya. Semua warung jajanan, pasti selalu menyediakan makanan yang satu ini. seinget gw, dulu ada rasa keju, ayam panggang, terus apa lagi yaa?? gw lupa :D



11.
Lidi-lidian

Kalo jaman sekarang ada istilah cabe-cabean, di jaman gw dulu ada lidi-lidian. Kenapa dibilang lidi-lidian? yup.. sesuai bentuknya, makanan ini kurus-kurus, dan panjang2 seperti sapu lidi. Entah ini termasuk golongan mie2an atau bukan. yang jelas disetiap batangnya dilumuri cabe kering. Makanan ini blm musnah ko, kita masih bisa menjumpai makanan ini di warung-warung dengan varian rasa yg makin banyak, gw pernah beli ini di toko online, rasanya ada rasa barbekyu, jagung bakar, keju pedes, asin, sama rasa cabe-cabean. :D


12.
Permen Strawberry

Ini satu bungkus permen gituan harganya 50 perak. Isinya sekitar 5-10 butir. Bentuk permennya tuh kaya obat inzana, tapi lebih tebel lagi. Ini permen bikin batuk... nyokap gw sering ngomel kalo gw jajan ginian. Yaa namanya juga anak2, biar dilarang tetep juga besoknya beli lagi.. hahahaha


13.
Biskuit Trakinas

Seperti gambar diatas, bentuk biskuitnya tuh lucu banget.. bentuk muka gitu. Biskuit cokelat ini tersedia dengan berbagai bermacam rasa selainya. ada stroberi, coklat, dan lemon, dan pisang kalo ga salah. Diantara semua rasa itu, gw paling suka yg rasa stroberi. Manis asemnya itu krim, bikin gw ketagihan. Pernah nyoba?? gimana rasanya? enak kan? :D



14.
Biskuit Prince 

Ini makanan yang paling bikin gw pengen balik ke jaman 96-97an jaman2 dimana gw masih TK, hampir tiap hari gw selalu bawa bekel ginian kalo pergi sekolah. Biskuit bergambar Prince (Pangeran) di kedua sisinya ini, rasanya endang bambang gurindang (okeh.. mungkin ini lebay) tapi percayalah, buat lo yg udah pernah makan biskuit ini di jaman dulu, pasti percaya deh sama omongan gw. yakan.. percaya kan? percaya kan? percaya kan? *PLAKKK
Bagian biskuitnya tuh dilapisin sejenis karamel gitu, jadi klo dijilat2 biskuitnya doank, ada rasa2 manis di permukaan biskuitnya, ditambah lagi bagian dalemnya ada krim cokelatnya. eemmmm.... manisnya jadi luar dalem kaya muka gw *hueeekkk (kemudian yg baca blog ini langsung muntah2. bhahahaha).



15.
Permen Karet Lotte

Yaahhh sesuai penampakannya, permen karet ini tersedia dlm berbagai macam rasa. dari sekian rasa, gw paling suka yg rasa yogurt itu tuh... kini, mereka cuma tinggal kenangan yg pernah mampir di hidup gw :')


16.
Chiki Ball

Meski chiki ini masih sering kita jumpai, tapi gw yakin kini isi per bungkusnya udah ga sebanyak dulu. wkwkwk yg gw inget, chiki ini ada rasa ayam, keju, dan coklat. Seiring berjalannya waktu, chiki ini telah berubah wujudnya (kemasannya). Tapi so far, chiki ini masih tetep enak ko.


17.


Dreamy Candy

Sorry, gw ga punya deskripsi lain tentang rasa-rasa permen ini, yang gw tau.. ini permen enak banget :D



18.
Jamu Buyung Upik

Sebenernya dari dulu gue ga ngerti manfaat akan jamu ini. Produsennya membuat jamu anak-anak dengan berbagai macam rasa. Walaupun gw ga lagi sakit, tapi tiap kali nyokap minum jamu di tukang jamu langganan, secara otomatis gw selalu langsung minta diseduhin jamu Buyung Upik. wkwkwk :D



19.

Chiki Kenji

Ga kalah dengan Chiki Ball, ciki Kenji juga pernah terkenal di masanya. Kalo kita lihat gambar diatas, bungkus dari ciki tersebut bergambar koboy cilik. Kalo jaman sekarang masih ada ciki ginian, mungkin gambarnya koboy dewasa :D


20.
Mie Remez

Kalo gw ga salah inget, dulu bintang iklan ini si Kiky Boboho itu lohh... yg badannya agak sedikit gempal. huahahaha.. bungkus ni mie juga macem2 ga cuma gambar tangan manusia kaya gambar di atas aja. tapi ada juga gambar tangan macan, kucing, dll.


21.
Permen Priwitan

Okeh, gw jelasin kenapa gw sebut nama permen ini adalah permen priwitan. Selain gw ga tau nama asli ni permen, permen ini juga beneran bisa ngeluarin bunyi siulan klo kita tiup dibagian lobangnya. Rasa permennya macem-macem. Ga perlu gw sebutin satu-satu rasanya, lo yg pernah idup di jaman 90-an pasti tau berbagai macam rasanya. hahaha



22.
Es Mony


The last but not least,
sebagai penutup, kembali gw suguhkan sesuatu yang manis untuk mengenang kembali masa kecil kita yang manis.
yup... Es Mony. Seinget gw, es ini cuma tersedia dalam rasa jeruk.  Es Mony bukan termasuk jenis es krim. Teksturnya tuh hampir sama kaya es k*ko.

Kalo diliat dari runtutan gambar diatas, makanan kesukaan kita pas jaman kecil itu sebagian makanan manis semua yaa.. iyaa, mungkin bisa juga melambangkan bahwa betapa manisnya era ketika kita masih kecil dulu. Masa kecil kita dihabiskan selayaknya kehidupan anak-anak. Bandingkan bedanya dengan anak sekarang. Jaman 90an masa kecil kita penuh dengan lagu dan penyanyi anak-anak. Ada Trio Kwek-kwek, Maisy, Chikita Meidy, Tasya, Joshua, Tina Toon dan masih banyak lagi penyanyi-penyanyi cilik yang sekarang sudah memasuki usia dewasa. Kita tumbuh dalam waktu yang semestinya. maksudnyam kita gede ga dikarbit (nangka kali ahh gede dikarbit..huakak). Sekedar cerita sedikit, dulu jaman gw masih duduk di bangku TK, setiap tidur siang gw selalu minta disetelin lagu anak-anak. Lagu kesukaan gw itu Susan dan Ka Ria Enes. Itu kaset susan selalu diputer sampe pitanya kusut, sampe bunyinya udah sember dan ga seenak  dulu didengernya pas pertama kali baru tu kaset. Jaman gw kecil dulu, mainan paling pamor adalah Lompat Karet dan Bola Bekel. Jaman sekarang, belum tentu anak-anaknya ngerti permainan gituan. Yang mereka mengerti adalah main Angry Bird. Suka sedih kalo liat perkembangan anak jaman sekarang. Anak umur 3 tahun aja udah punya hp canggih. Anak 5 tahun aja udah bisa main COC. Kalah deh gw pokoknya. Gw aja baru tertarik main COC baru sebulan lalu. wkwkwkwk

Ya sudah lah, jaman sudah berubah. Nikmati aja kecanggihan yang terjadi sekarang ini. Pesan buat para orang tua, dampingi tumbuh kembang anak anda. Jangan sampai anak anda terlena akan kecanggihan teknologi dan melupakan tugasnya sebagai anak.


Ga bosen gw ngucapin terima kasih buat yg udah sempetin waktunya baca tulisan gw ini. I Love You all :)














9 komentar:

  1. Biskuit prince kyknya udh di reproduksi juga tuh :D

    BalasHapus
  2. Sekarang udh punya anak brapa mbak? :D

    BalasHapus
  3. wuahahahah asemmmm u,u
    coming soon.. doain yak, moga lancar sampe hari H :D

    BalasHapus
  4. Gatau kenapa kangen biskuit prince, eh nyasar kesini makin baper....😄 dulu jaman aq kecil dimana idup keluarga kami masih pas pasan, setiap aq sakit mama selalu tanya "kepengen makan apa?" aku jawabnya selalu "biskuit prince!" dan dibeliin....secara untuk jaman segitu harga biskuit prince tergolong lumayan dibandingkan jajan lainnya. Jadi bagi aku kala itu, itu udah mewahhhh dan spesial bangett. Selain rasanya emang enak buuaaanget bagi aq, biskuitnya luarnya manis ada krim coklatnya tebel gt... Hahaha....cuman pas lagi sakit aq bisa makan tuh biskuit.... Huhuhu jadi baper ingetnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih udah meninggalkan jejak :)
      selamat menikmati kenangan :)

      Hapus
  5. KAlau lu lihat tulisan d blog ini harusnya lu udh nikah, termasuk ts kira2 udh nikah blum ya :ngakak

    BalasHapus
  6. ceritanya lagi kangen banget sama biskuit prince,muncul deh blog mbaknya! hihi dulu waktu SD suka banget dibeliin ortu kalo mereka lagi belanja suka yang rasa stroberi, dan muncul d blog mbaknya semua jajanan masa kecil hikss :( autobaper, semoga ada keajaiban di produksi lagi yaa :)

    BalasHapus