Selasa, 25 Oktober 2016

Berkelana di Tanah Melayu--Part 2

Pertama-tama, bagi kalian yang belum baca part 1 nya, silahkan cek disini

Sesuai janji pada postingan sebelumnya, di postingan ini gw akan meneruskan cerita gw di Singapore-Malaysia.

Uhukkk... kemaren ceritanya sampe dimana ya? :D

Jadi ceritanya, kami berhasil lolos dari antrian panjang imigrasi Singapore, next kita naik bis lagi untuk ke imigrasi Malaysia, sekitar 10-15 menit kita sampe di imigrasi Malaysia. Ternyata antrian disini ga kalah panjang.. malah lebih semrawut dibanding imigrasi Singapore. Sekitar 3 jam kami bersabar antri di imigrasi ini. Ada satu gambar yang mencolok mata gw, biar pada tau gambar apa.. nih simak gambar di bawah ini ya!

Imigrasi Malaysia

Perhatikan gambar kanan atas, gambar itu yang bikin mata gw terbelalak lebar pas nengok ke billboard/baliho/papan reklame/atau apalah namanya itu gw gak paham. Gw juga ga paham tentang adat istiadat dan budaya pulau-pulau di Indonesia. Mungkin ini memang pakaian adat Melayu, tapi kok mirip sama pakaian adat Sumatera Barat yah. Tolong koreksi kalau gw salah, kalian boleh meninggalkan komen di akhir postingan ini, tapi inget ya.. jaga bahasa dan tatakrama.

Perjalanan gw lanjutkan. Dari imigrasi Malaysia gw naik bus ke terminal Larkin. Busnya kek metromini di Jakarta. Jelek, butut, bau asep, ga ada ac. Pas gw tanya supirnya tentang berapa tarif ongkos sekali naik, sang supir menjawab "singgit tujuh" lahh gw diem bengong.. otak gw blm bisa mencerna ucapan si abang supir. Yang ada dipikiran gw malah kek barang obralan yang suka dijual di emperan "ceban tiga .. ceban tiga" :))
Gw masih diem di depan supir.. masih ga bisa nyerna. Akhirnya gw duduk aja dulu, biarin aja temen gw yang bayar. Si wedhus ini sempet 3thn tinggal di Malaysia, jadi bahasa melayu dia bisa dibilang udah ngelotok.. hahaha
Ternyata bahasa singgit tujuh adalah 1 ringgit 7 sen.. aelaaahhhhhh gw kira mah seringgit dapet 7 :))

Setelah kurang lebih menempuh perjalanan selama 15 menit, sampailah kami di terminal Larkin. Sampe di terminal ini, persis sama kaya di terminal besar Indonesia, banyak calo yang teriak-teriak nawarin jasa mereka. Sesaimpainya kami di Larkin, kami tak lantas membeli tiket. Kami cari makan terlebih dahulu. Kami naik ke lantai paling atas, tempat foodcourt. Begitu sampai di lantai atas, disini dijual banyak macam makanan. Ada satu warung yang menawarkan menu Indonesia seperti pecel, ayam penyet, rawon, Lalu gw bilang ama si wedhus, "ini pasti yang punya warung orang Indonesia" terus kata si wedhus membantah dia bilang "sotoy lu"

Si wedhus akhirnya pesen nasi padang (jauh-jauh maen di negara orang ujung-ujungnya makan nasi padang doank), dan akhirnya gw pesen ayam penyet (jauh-jauh maen di negara orang ujung-ujungnya makan ayam penyet doank). Akhirnya makanan yang kami pesen datang juga. Si ibu pelayannya ikut duduk di sebelah meja kami, dia memulai awal pembicarann dengan menanyakan "adek berdua ini asalnya dari Indonesia ya?" dengan cepat gw langsung menjawab "Ibu dari Indonesia juga?" dia pun menjawab "ya.. saya dari Surabaya. Itu yg punya warung disistu juga orang Surabaya (menunjuk warung yang menjual makanan Indonesia), tapi dia suaminya orang Penang". Kami dan si ibu pelayan warung akhirnya ngobrol dengan akrab, dia juga bilang kalo dia kangen keluarga di Surabaya.

Selesai makan, kami turun lagi ke lantai dasar. Calo-calo bus sudah menawarkan kami. Akhirnya kami berhenti pada seorang calo wanita yang sedang hamil. Membeli tiket Larkin-TBS (Terminal Bersepadu Selatan) seharga RM 40 atau sekitar Rp 132.000

Tiket Larkin-Kuala Lumpur

Bus melaju membawa kami ke TBS. Perjalanan dari Larkin ke TBS memakan waktu sekitar kurang lebih 6 jam perjalanan. Kami melewati jalan tol, gw sangat menikmati perjalanan di Malaysia. Tol disini bener-bener lancar tanpa macet. Beda banget sama tol di Ibukota Indonesia. Padahal, waktu itu gw ngeliat kecelakaan di arah sebaliknya. Mobilnya ringsek parah di bagian depan, kaca pecah gak beraturan, terlihat seorang laki-laki sedang sibuk menelepon disebelah mobil tersebut. Tapi dengan adanya kecelakaan seperti ini, jalanan tol pun tetap lancar. Coba bandingkan dengan tol Indonesia, ada ban pecah dikit aja macetnya berkilo-kilo.. nyiahahaha.

Sekitar jam 9 malam waktu Malaysia, kami sampai di TBS. Gw dan si wedhus langsung nyari LRT. Cara belinya sama kayak mesin-mesin MRT di Singapore. Kita cukup pilih stasiun dimana kita akan turun, masukan uang, dan token akan keluar. Gw lupa banget dari TBS ke hostel gw itu turun di stasiun mana. Yang jelas, hostel gw berada di Petaling Street. Untuk di Malaysia ini gw ga pesen hostel via aplikasi online, so gw dan wedhus cari hostel secara on the spot.

Peta LRT Malaysia

Petaling Street

Ketemulah sama Soho City Hotel. Resepsionisnya keturunan etnis China, agak ga ramah.. gw pesan tipe kamar dorm dua tempat tidur dibandrol dengan harga RM 70 (sekitar Rp 231.000), dan deposit sebesar RM 30 (sekitar Rp 99.000). Over all, ga kecewa sih sama fasilitas disini. Kamar dingin, selimut tebel, kamar mandi luas dengan fasilitas air panas, sarapan roti (at least rotinya tersedia dlm berbagai macam selai dan bisa dipanggang. Hotstel di Singapore ga ada pemanggang roti, selainya cuma nanas dan kacang). Cuma agak gak comfy sama kasurnya. Kasur springbed tapi plastiknya blm dilepas, jadi kita geser dikit pasti bunyi kresek-kresek :D

Soho City Hotel

Kamar Dorm

Ruang Makan

Lemari dalam Kamar

Toilet

Hari pertama gw cuma bisa ke Twin Tower, dari hotel aja gw udah naik LRT yang terakhir. Poto-poto keceh ga jelas, sampe ketemu WNI juga.. mereka kerja di daerah Johor. Awalnya gw ga tau kalo mereka semua pekerja di Malaysia, gw pikir mereka semua pelancong kayak gw. Sampe salah satu diantara mereka nyeletuk "yaelahhh.. kaya banget kita ampe bisa jalan-jalan ke luar negeri", dalam hati gw meringis.. padahal ga perlu kaya untuk bisa melancong ke negara tetangga, cukup punya uang aja udah bisa jalan-jalan kok :')

Bersama WNI yang gw temui

Pulang dari Twin Tower gw terpaksa naik taksi seharga RM 35, karena LRT udah ga beroperasi.
Sampe hotel gw cuci kaki, cuci muka, dan langsung bobo. Kaki masih berasa mau copotnya abis jalan ke Merlion Park. hikssss :(

Hari kedua, sekaligus hari terakhir kami berkelana. Seperti biasa, wedhus udah bangunin gw pagi buta. Untung gw gampang dibangunin kala itu.. nyiahahaha
Pagi-pagi mandi, selesai mandi nengok meja makan ternyata ada si wedhus yang lagi duduk sambil ngolesin roti dan bikinin gw kopi (ciiyyyeee baik banget sih jadi temen :D)
Jam 7 kita keluar hotel, niatnya mau langsung ke Central Market, ternyata Central Market baru buka jam 10:00am

Sambil nunggu Central Market buka, gw dan wedhus akhirnya memutuskan untuk jalan-jalan disekitaran Central Market. Ternyata, hari itu lagi ada peringatan hari kemerdekaan Malaysia. Atraksi tentaranya keren-keren, ada parade pesawat AU, kuda, sampe tank baja semua turun ke jalan untuk berparade.

Kok gw di sini gendut banget sih? -_-

Setelah puas ngeliat parade Independence Day-nya Malaysia dan kebetulan udah jam 10:00am, maka gw dan wedhus bergegas ke Central Market. Karena di Singapore gw ga dapet cokelat dan barang yang klik sama hati gw, maka gw bertekad bahwa disini harus membeli sesuatu sebagai oleh-oleh buat orang rumah. Konon katanya, Central Market ini tempat oleh-oleh paling murah di Petaling Street. Disini gw juga ga dapet banyak barang, gw cuma beli 2 pack Oat Choco seharga RM 3, 1 paket coklat Caimor isi 4 seharga RM 20, dan 1 Kotak coklat bergambar Twin Tower seharga RM 35. Dari 2 negara yang gw lalui, gw sama sekali ga beli gantungan kunci. Gw pribadi bosen banget dapet oleh-oleh gantungan kunci tiap kali ada temen yang jalan-jalan. So, gw pun menerapkan hal itu pada diri gw sendiri. Gw ga akan kasih gantungan kunci ke temen-temen gw.

Oat Choco

Coklat Camior

2 jam gw dan si wedhus muter-mueter Central Market buat cari oleh-oleh. Akhirnya kita putuskan untuk balik lagi ke hotel packing barang-barang dan check out. Setelah check out si wedhus ngajak balik lagi ke Central Market, katanya oleh-oleh yang dia beli kurang. Buseeeenggg... padahal belanjaan dia sama belanjaan gw tuh banyakan belanjaan dia, masih aja bilang segitu oleh-olehnya kurang. ckckck. Sebenernya, masih ada 1 destinasi yang belum kesampean dan pengen banget gw kunjungi. Tapi karena waktu yang ga cukup, terpaksa gw ga bisa berkunjung kesana.

Jam 2 siang kita udah sampe di stasiun LRT (lagi-lagi lupa nama stasiunnya), langsung beli tiket ke Terminal Puduraya. Dari terminal Puduraya sebenernya ada bus express yang bisa mengantar kita ke KLIA, tapi karena uang ringgit kita kurang jadi kita naik bus biasa aja sampe ke KLIA. dari Puduraya ke KLIA cuma makan waktu 1 jam perjalanan kok.

Bete nunggu kereta ga dateng-dateng

Jam 3 kita udah sampe di KLIA, sebelom check in bagasi kita ngabisin duit ringgit dengan makan di mekdi. Mayan buat ganjel perut sampe di Jakarta.. huahahaha
Akhirnya jam 4 sore kita langsung lakukan check in. Pesawat yang gw tumpangi dari Kuala Lumpur ini adalah pesawat Belanda punya. Pesawatnya gede, ada 3 rows tempat duduk. Mayoritas penumpang di dalamnya juga Bule. Mungkin ini pesawat yang ngangkut penumpang dari Amsterdam ke Indonesia, tapi transit dulu di Kuala Lumpur. Gw dapet duduk ni nomer 10B, samping kanan kiri gw om-om bule keceh. Sementara si wedhus, dia duduk di barisan 64E.

Pesawatnya udah dateng

Sekitar jam 6 sore akhirnya pesawat kami pun lepas landas. Selama kurang lebih 2 jam mengudara gw ga tidur sama sekali. Ini pertama kalinya gw naik pesawat canggih sendirian, jadi ceritanya disetiap kursi ada fasilitas tv dan meja makan. Om bule samping kanan dan kiri gw mah asik aja nonton film, lahh gw ga ngerti cara ngeluarin tv-nya.. akhirnya gw cuma bisa denger mp3 di hp gw. Saat seorang pramugara nganter makanan, gw liatin dulu bule sebelah gw gimana cara ngeluarin mejanya.. hahahaha parah banget sumpah.

Di luar hujan, gw takut aja tuh ban pesawat kepeleset.. nyiahahaha. Akhirnya jam  7:30 pesawat kami berhasil landing dengan selamat and welcome back to Jakarta.

Begitu sampe rumah, gw langsung flash back tentang pengalaman gw selama berkelana di negeri orang. Pelajaran yang  bisa gw ambil adalah bahwa sekeren-kerennya negara tetangga, secanggih-canggihnya trasportasi negara tetangga, dan seburuk-buruknya Indonesia, gw akan selalu cinta dan tetap bangga jadi anak Indonesia. Percaya atau ngga, saat itu juga pas gw lagi merenung di kamar gw langsung dengerin lagu anak-anak yang liriknya gini :

Aku anak Indonesia
Anak yang merdeka
Satu Nusaku
Satu Bangsaku
Satu bahasaku...

Indonesia..
Aku bangga menjadi anak Indonesia

Gw dengerin lagu ini berulang kali, dan ya.. GW BANGGA JADI ANAK INDONESIA

Akhir kata, terima kasih udah mau meluangkan waktunya baca curhatan gw yang panjang ini, semoga temen-temen semua ga bosen sama cerita-cerita absurd gw. Sampe ketemu di trip gw yang berikutnya yaa... love u guys J